Sampe saat ini gue belom juga ngerti alasan kenapa ortu nahan gue buat hijrah. Sebenarnya gue pengennya hijrah ke suatu tempat dimana pun yang penting gue harus keluar dari zona nyaman gue. Ya, tinggal di rumah sendiri (rumah punya ortu, red.) itu hambar, apa – apa serba ada. Pengen nonton Tv ya tinggal nonton, pengen ngopi ya dibuatin, pengen makan ya disiapin, sampe pakean pun dicuciin. Kata orang sih hidup harus pandai bersyukur, ya setidaknya hidup gue terjamin di rumah, Alhamdulillah.
Gue ingat kata rektor gue dulu pas ngasih kuliah umum, “jangan kelamaan berada di zona nyaman, ntar terbuai dan hidup seadanya tanpa ada peningkatan.” Dan sialnya saat ini gue malah menjalankan larangan tersebut. Hidup di zona nyaman itu sebenarnya gak salah sih, kalo ente punya motivasi diri yang kuat untuk tidak terbuai dengan keadaan ente saat ini yang fana dan seenak jidat saja. So, ente tetap muter otak buat nyari duit sekedar buat beli rokok dan nongkrong di cafe dengan secangkir hot chocolate sambil liat sunset.
Oh iya, sedikit mau cerita tentang kejadian yang gue alami pasca wisuda. Awalnya gue ditelpon bonyok untuk balik ke hometown dan disuruh ngelamar ke salah satu Bank yang katanya milik rakyat. Dalam hati gue mikir, apa pantas tampang kayak gini jadi seorang bankir? Untungnya ada seorang saudara yang entah dengan dalil apa muji gw, “sebenarnya ente cocok jadi seorang bankir, dengan catatan rambut harus dipotong tipis samping ala Adam Levine, tinggi badan dan postur tegap ente udah masuk kriteria sebagai seorang bankir kok.” Dengan sejuta seratus pertimbangan dan dengan berat hati, akhirnya gue beranikan diri masukin lamaran ke Bank tsb atas dasar ingin jadi anak penurut dan anak yang mengabdi kepada orang tua (sesuai defenisi anak yang baik). Dengan tampilan yang masih urak – urakan dan ditambah rambut yang gak jelas arahnya kemana – mana, gue dibawa menuju lantai 2 sama pak Satpam yang notabene sebagai orang yang recomended ke ortu biar gue ngelamar ke bank tsb. Gue bersiap untuk diwawancara sesuai prosedur pada umumnya.
Gue dihujani pertanyaan yang sebenarnya anak SD pun bisa ngejawab bahkan dengan mata tertutup. Sebenarnya pertanyaannya sangat sederhana, seperti “apa motivasi ente ngelamar kerja disini?” Dan dengan jujur gue jawab, “Disuruh ortu.”
Gak ada yang salah sebenarnya dengan jawaban gue, cuma untuk seorang lulusan S1 sepertinya jawaban tersebut sangat tidak layak. Tapi sebagai anak yang jujur dan warga negara yang baik, gue mencoba menjawab seadanya sesuai dengan isi hati dan akal pikiran gue. Fix, gue disuruh pulang dan mikir – mikir dulu untuk serius mau kerja di lembaga intermediasi keuangan tersebut. Dengan senang hati gue pulang rumah dan ngomong ke bonyok kalo sebenarnya gue gak bisa kerja disitu karna sebenarnya gue nyari kerja yang gajinya sesuai dan masuk akal, ya minimal kerjaan yang sesuai passion gue lah.
Setelah kejadian itu, gue mutusin pengen berwiraswasta aja, karena emang selain ‘kamu’ yang bikin gue bahagia adalah bisnis. Hehehe
Fix, terjadilah perdebatan yang cukup sengit antara gue dan bonyok, gara-gara mikirin anaknya yang punya pola pikir agak aneh ini, bokap sampe gak ngantor 3 hari. Forgive me dad. Gue sebenarnya hampir sukses menjadi anak baik, kalau saja gue fix ngelamar di bank. Cuma gue mikir, percuma jadi anak baik kalo gue gak bahagia. Ya, ngapain kita hidup kalo gak bahagia?
Dari perdebatan sengit tersebut, bonyok akhirnya ngalah dan ngasih lampu hijau buat gue untuk wiraswasta. Dan usaha gue yang,,, entah ke berapa, anggap aja ke-sekian, adalah warung sembako. Why? gue ngerasa cool aja, ente duduk diam sambil ngupil eh ada yang ngantar duit. Dengan latar belakang gue yang saat ini nganggap koneksi internet sebagai oksigen kedua gue selain O2 original, jadi gue ngerasa bahagia banget.
Tiap hari selama beberapa bulan di rumah, kerjaan gue cuma browsing, kadang ngurusin website atau sambil ngeblog sambil musikan, sesekali download movie di ganool, sore hari gue olahraga, nikmati sunset, kadang malam hari gue nge-gym, plus bonus gue travelling tiap weekend, pokoknya i feel free banget. Tapi tetap ada yang kurang, gue belum sepenuhnya mandiri karna masih numpang di rumah bonyok.
Sebenarnya masih panjang banget yang pengen gue nulis disini, cuma karna nyokap dah balik kantor dan gue udah dibuatin secangkir kopi, jadi gue mutusin untuk langsung mempublish aja, takut kelupaan kalo di-savedraft. Besok – besok gue bakal nulis lagi kisah gue Insya Allah kalo gak lagi sibuk. (kayak bankir aja sok sibuk)










